Beban Kerja / Workload Analysis

0
23

Produktivitas dan loyalitas yang tinggi sangat dipengaruhi oleh beban kerja karyawan. Salah satu titik krusial dan strategis dalam measurement adalah workload analysis atau analisis beban kerja. Beban kerja mampu memengaruhi KPI (key performace indicator) dan strategic iniciative-nya yang pada akhirnya memengaruhi hasil dari individual/group performance.

Analisa beban kerja sangat berkaitan dengan kebutuhan pegawai. Metode workload analysis adalah proses menghitung beban kerja suatu posisi / sub posisi dan juga pemenuhan kebutuhan jumlah orang / manpower untuk mengsisi posisi tersebut.

Man Power Planning (MPP) baik jangka pendek maupun jangka panjang juga tidak akan lepas dari analisis beban kerja. Analisisnya cukup sederhana, pembagian beban kerja pada setiap individu/group akan memengaruhi Man Power Planning sehingga berpengaruh pula dalam recruitment baik internal maupun eksternal dan akhirnya pada corporate planning. Bahkan pada Business Process Re-engineering (BPR), workload analysis cukup mendapat perhatian yang serius karena pada prinsipnya bertujuan untuk membuat proses organisasi lebih efektif dan efisien.

Di karenakan begitu penting dan strategisnya workload analysis, maka diperlukan suatu analisis yang akurat kepada para Manager HR / Organization Development yang akan membantu mereka dalam menganalisis beban kerja secara komprehensif, tahap demi tahap, mulai dari persiapan sampai penyajian laporan sehingga layak untuk konsumsi user department sebagai upaya kebutuhan pegawai.

SHARE
Previous articleKPI
Next articleSistem Penggajian / Struktur Gaji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.