Penting! Baca ini sebelum Menyusun Deskripsi Pekerjaan atau Job Descriptions

0
43
Penting! Baca ini sebelum Menyusun Deskripsi Pekerjaan
employsure.com.au

Kata Deskripsi Pekerjaan tersebut sudah tidak asing lagi didengar di dunia pekerjaan, bahkan di telinga orang awam pun kata tersebut sering digunakan. Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja penting dilakukan, untuk mengurangi atau mencegah adanya perbedaan pemahaman mengenai apa saja yang harus dilakukan dalam suatu jabatan tertentu dan untuk mengetahui tentang batasan batasan terhadap kewajiban dan tanggung jawab seorang karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Apa itu Deskripsi Pekerjaan? 

Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja merupakan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang harus dilakukan dan dipegang dalam sebuah pekerjaan. Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja merupakan representasi sederhana mengenai tugas yang harus dilakukan oleh karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi dalam menyelesaikan pekerjaannya. Deskripsi Pekerjaan dapat dibuat tertulis hal ini penting dilakukan oleh perusahaan atau organisasi agar Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja yang ditetapkan dapat lakakukan secara konsisten.

Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja dapat digunakan sebagai acuan karyawan dalam menjalankan tugasnya, selain itu hal ini juga dapat membuat kejelasan bagi karyawan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Cara menyusun Deskripsi pekerjaan yang tepat 

Penyusunan Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja harus dilakukan dengan tepat, sehingga hal ini mengacu pada 5 elemen penting yang harus anda ketahui ketika hendak membuat Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja.

1. Jod Specifications

Sebelum menentukan Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja, langkah pertama anda harus mengetahui job specification sebuah jabatan. Hal ini karena setiap jabatan pasti memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk kelancaran kegiatan kerja.

2. Accountability

Accountability merupakan kewajiban pertanggung jawaban seorang karyawan, pimpinan serta perusahaan atau organisasi kepada pihak yang memiliki hak untuk mendapatkan laporan terkait kinerja dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

Dalam hal ini artinya dalam menentukan Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja maka semua pihak terkait harus memiliki accountability yang kuat agar dapat menjalankan tugas serta tanggungnya dengan maksimal dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

3. Tugas dan Tanggung jawab

Pada tahap ini, seorang karyawan harus bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya kepada perusahaan. Penjabaran Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja dapat dilakukan untuk melihat apa saya yang yang harus dilakukan, apa saja kewajiban yang harus dipertanggung jawabkan. Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja dapat ditulis dalam kata-kata yang singkat dan jelas, agar tidak menyulitkan karyawan yang membacanya.

Dalam hal ini kesalahan pengerjaan tugas menjadi pertanggung jawaban karyawan itu sendiri terhadap perusahaan, karena perusahaan memiliki strandar tertentu dalam menilai kinerja karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

4. Ringkasan pekerjaan

Informasi mengenai gambaran apa saja yang harus dilakukan karyawan harus dibuat dengan informasi yang memadai namun dibuat ringkas dan tidak berbelit belit. 

Mengapa Deskripsi Pekerjaan harus diterapkan pada perusahaan anda?

Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja penting diterapkan dalam perusahaan atau organisasi karena memiliki manfaat penting untuk kelangsungan perusahaan. Berikut manfaat Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja bagi perusahaan atau organisasi:

  • Manfaat bagi atasan perusahaan, untuk memaksimalkan kinerja serta tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaannya.
  • Manajer perusahaan, dengan adanya Deskripsi Pekerjaan tertulis maka manajer perusahaan dapat mengatur karyawan sesuai dengan job desc yang sudah ditetapkan. Dalam hal ini, maka manajer harus mampu memimpin bawahannya serta memberikan motivasi agar karyawan dapat melaksanakan Deskripsi Pekerjaan dengan baik dalam mencapai tujuan perusahaan.
  • Karyawan, Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja sebagai pedoman yang digunakan dalam menjalankan pekerjannya serta mengetahui batasan kewajiban serta tanggungjawab dan apa saja yang diharapkan perusahaan, dengan adanya Deskripsi Pekerjaan atau deskripsi kerja sebagai pedoman maka seluruh tenaga, fikiran dan usaha dapat difokuskan dalam melakukan pekerjaan sehingga hasilnya dapat maksimal.
  • Trainer, dengan adanya Deskripsi Pekerjaan trainer sebagai pemberi materi dan pelatihan untuk karyawan, hal ini dapat menciptakan karyawan yang berkualitas.

Perusahaan harus memberikan perhatian lebih terhadap kualitas Deskripsi Pekerjaan yang ditunjukan untuk setiap karyawan. Hal ini menunjukan bahwa Deskripsi Pekerjaan merupakan hal penting dalam pengembangan SDM dalam suatu perusahaan atau organisasi, karena dengan adanya Deskripsi Pekerjaan dapat dijadikan pedoman dalam memberikan arahan pada perusahaan atau organisasi dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Jika perusahaan anda mengalami kendala dalam membuat Deskripsi Pekerjaan, Aryasentra Consulting siap membantu perusahaan anda dalam menyusun Deskripsi Pekerjaan yang berkualitas. Info lebih lanjut dapat menghubungi 021-29305166 atau 085770634715 (WA)

 

 

SHARE
Previous articleJob Analysis
Next articleJob Evaluation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.