Perencanaan, Pengelolaan dan Pengembangan SDM

0
63
Setiap Perusahaan/ organisasi pasti mempunyai tujuan, visi dan misi organisasi, dan dalam pengelolaan sistem manajemennya tak bisa dilepaskan dari peran sumber daya manusia  yang dimiliki dalam mencapai target yang ditetapkan. Ketersediaan Sumber Daya Manusia yang handal sesuai dengan kopetensi merupakan kunci sukses perusahaan/organisasi dalam pencapaian target, karna SDM merupakan bagian pokok terpenting dari sebuah organisasi. Karna begitu pentingnya SDM dalam  kesuksesan perusahaan maka prinsip “ Place the right man in the right job” harus dikedepankan, hal ini guna mendukung pencapaian target yang di inginkan. Sumber Daya Manusia sangat besar peranannya bagi kesuksesan organisasi, maka banyak perusahaan / organisasi kini menyadari bahwa unsur manusia dalam suatu perusahaan dapat memberikan keunggulan bersaing.
Oleh karna sumberdaya manusia menjadi hal yang sangat dominan dalam mencapai sasaran organisasi maka mengelola sumberdaya manusia merupakan bidang yang sangat penting dan keharusan bagi setiap organisasi dalam melaksanakan proses bisnis guna berjalannya roda organisasi sesuai yang diharapkan. Sumber daya manusia perlu dikelola dengan sebaik-baiknya, disinilah Komitmen manajemen dalam pengelolaan sistem Manajemen Sumber Daya Manusia di tuntut.
Tanpa adanya komitmen yang baik dari manajemen mustahil sistem manajemen SDM berjalan dengan baik. Langkah mudah dan sederhana yang bisa dilakukan manajemen dalam mengelola SDM salah satunya adalah dengan membuat sebuah perencanaan tenaga kerja ( Human Resources Planing ) yang sistematis guna menjamin kelangsungan hidup dan pengembangan organisasi memalui serangkaian pelaksanaan program ketenagakerjaan yang terarah guna menjamin perlindungan karyawan, hubungan industrial yang harmonis serta peningkatan kesejahteraan pegawai.
Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh Perusahaan / organisasi ketika mempunyai sistem perencanaan tenaga kerja (Human Resources Planing) , diantaranya :
  • Dapat menentukan kualitas dan kuantitas pegawai yang akan mengisi semua jabatan dalam organisasi
  • Menjamin ketersediaan pegawai dimasa sekarang dan masa yang akan datang sehingga tidak terjadi kekurangan atau kelebihan pegawai
  • Menghindari terjadinya Mismanajemen dan tumpang tindih pelaksanaan tugas
  • Mempermudah jalur koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas para karyawan sehingga produktifitas kerja bisa meningkat
  • Sebagai pedoman dalam menetapkan program ketenagakerjaan
  • Sebagai acuan dalam menilai kinerja karyawan

Langkah – Langkah  yang dapat dilakukan dalam perencanaan Tenaga kerja  (Human Resources Planing)

1.   Mengumpulkan dan mengolah data perusahaan dan kepegawaian
2.   Melakukan Penyusunan Job Analysis / Analisa jabatan
3.   Perkiraan dan perencanaan persediaan pegawai
4.   Perkiraan dan perencanaan kebutuhan pegawai
5.   Penyusunan neraca pegawai
6.   Penyusunan program kepegawaian
Kami Aryasentra Consulting divisi HR siap membantu organisasi / perusahaan dalam penyusunan sistem Perencanaan, Pengelolaan dan pengembangan SDM, baik melalaui training maupun konsultasi develop sistem langsung, Kami didukung oleh tenaga – tenaga ahli handal dan profesional dibidang HR yang memiliki pengalaman luas menangani banyak client baik di lembaga pemerintahan, dunia industri maupun jasa. Jangan segan untuk menghubungi kami, dimanapun dan kapanpun kami siap membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.