Tata Cara Membuat Peraturan Perusahaan yang Tepat

0
3

Tata Cara Membuat Peraturan Perusahaan yang Tepat

Tata Cara Membuat Peraturan Perusahaan yang Tepat – Setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang produk maupun jasa, dalam kegiatan operasionalnya selalu berhubungan dengan ketenagakerjaan karena perusahaan tidak akan berjalan tanpa adanya tenaga kerja.

Hal ini artinya bahwa perusahaan harus memiliki peraturan perusahaan yang harus dipatuhi serta ditaati oleh semua pihak. Peraturan yang dibuat oleh setiap perusahaan pasti berbeda beda sesuai dengan kondisi perusahaan, tetapi peraturan yang buat haruslah sesuai dengan peraturan Undang-Undang Ketenagakerjaan yang berlaku.

Pengertian peraturan perusahaan

Peraturan perusahaan menurut Undang Undang No. 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan merupakan peraturan yang dibuat secara tertulis oleh perusahaan yang di dalamnya memuat syarat-syarat kerja dan tata tertib perusahaan.

Peraturan perusahaan sangat penting bagi karyawan maupun perusahaan. Dengan adanya peraturan perusahaan maka akan ada kejelasan antara kewajiban apa yang harus dilakukan oleh karyawan maupun perusahaan, serta hak apa yang harus nya didapat oleh karyawan dan perusahaan.

Peraturan perusahaan yang berlaku dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan operasional perusahaan dengan dijadikannya peraturan perusahaan sebagai pedoman dalam kegiatan operasional, maka jika karyawan melakukan pelanggaran, perusahaan memiliki alasan dasar yang kuat dalam menjatuhkan hukuman pada karyawan.

Tidak hanya itu peraturan perusahaan yang sesuai dengan peraturan perundang undangan tenaga kerja diharapkan dapat menguntungan kan bagi karyawan maupun perusahaan, sehingga dapat terciptanya kedamaian serta lingkungan kerja yang kondusif.

Cara membuat peraturan perusahaan

Mengacu pada pada pasal 2 ayat 1 Permenaker 28/2014 bahwa peraturan perusahaan wajib dibuat apabila jumlah karyawan yang dipekerjakan pada perusahaan sudah mencapai minimal sepuluh (10) orang. Kemudian peraturan perusahaan baru dapat dikatakan sah jika sudah disetujui oleh pejabat atau menteri pada bidang ketenagakerjaan.

Baca juga : CSMS (CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM)

Pembuatan peraturan perusahaan selain harus memperhatikan undang undang ketenagakerjaan juga harus memperhatikan kebutuhan perusahaan. Dalam pembuatan peraturan, perusahaan harus mempertimbangkan konsekuensi yang kemungkinan akan terjadi jika terjadi pelanggaran oleh karyawan.

Perusahaan harus bertanggung jawab penuh terhadap peraturan yang dibuatnya. Berdasarkan Undang Undang Ketenagakerjaan (pasal 111 ayat 1), bahwa peraturan perusahaan yang dibuat sekurang kurangnya harus terdiri dari poin point berikut:

1. Hak dan kewajiban pengusaha

Pada poin ini, perusahaan harus memberikan kebijakan yang bijak pada karyawan. Kebijakan tersebut mencakup kebijakan pemberian gaji, adanya reward dan punisment bagi karyawan, bagaimana perusahaan memposisikan karyawan sesuai dengan kemampuannya dan kebijakan lainnya

2. Hak dan kewajiban karyawan

Peraturan dibuat sesuai dengan apa saja yang menjadi kewajiban karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan. Kemudian hak hak yang harus didapat karyawan yang sudah mengerahkan kinerja serta usaha nya dalam kemajuan perusahaan hal ini berupa hak untuk mendapatkan gaji sesuai dengan posisinya.

3. Syarat kerja

Syarat kerja ini aturan mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh karyawan sesuai dengan bidang nya, kemudian strandar yang harus dipenuhi dalam mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan.

4. Tata tertib perusahaan

Hal ini mencakup tata tertib perusahaan berupa standar operasional perusahaan (SOP), aturan dalam lingkungan perusahaan dan bagaimana hubungan antar karyawan. Tata tertib ini dibuat dengan maksud agar lingkungan kerja kondusif.

5. Jangka waktu berlakunya peraturan.

Berdasarkan peraturan pemerintah, bahwa tata tertip peraturan perusahaan berlaku selama dua tahun sejak peraturan perusahaan di sahkan oleh pejabat dalam bidang ketenagakerjaan setempat. jika masa berlaku peraturan perusahaan sudah mendekati batas akhir maka perusahaan harus mengajukan kembali peraturan yang dibuat.

Baca juga : Strategi Penyusunan Sistem Reward dan Punishment

Pada saat proses pembuatan peraturan, perusahaan dapat membuat tim khusus untuk membuat peraturan, tim tersebut tentunya berisi orang-orang yang berpengalaman serta paham dengan Undang Undang Ketenagakerjaan.

Jika tidak memungkinkan maka perusahaan dapat meminta bantuan pada pihak eksternal perusahaan contohnya seperti menggunakan jasa konsultan atau pihak lain yang memiliki latarbelakang atau memiliki pengalaman yang berhubungan dengan hukum, khususnya hukum ketenagakerjaan.

Tujuan peraturan perusahaan

Peraturan perusahaan tentunya dibuat dengan maksud dan tujuan pada suatu perusahaan, berikut tujuan dari pembuatan peraturan perusahaan:

  • Peraturan dibuat dengan maksud menyamaratakan kebijakan serta perlakuan terhadap semua karyawan, sehingga pihak perusahaan tidak pandang bulu.
  • Sebagai pedoman baik untuk pihak perusahaan maupun pihak karyawan dalam kegiatan operasional nya dalam lingkungan kerja.
  • Pengontrolan terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja dapat lebih mudah
  • Memperkecil peluang karyawan dalam melakukan kesalahan yang sapat merugikan perusahaan, karena semua sudah tertulis dala peraturan yang berlaku.

 Contoh peraturan perusahaan

Pembuatan peraturan perusahaan harus memperhatikan kondisi perusahaan, namun ada beberapa hal penting yang harus ada dalam peraturan perusahaan seperti contohnya:

  1. Gaji dan ketentuan promosi jabatan
  2. Peraturan mengenai cuti
  3. Tunjangan untuk karyawan
  4. Tata tertib karyawan, salah satu contohnya cara karyawan berpakaian
  5. Tata tertib absensi karyawan.

Peraturan perusahaan yang dibuat dapat memperjelas apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, sehingga karyawan tidak merasa kebingungan. Peraturan harus dibuat sebaik dan seteliti mungkin dan harus memandang dari berbagai sudut pandang karena menyangkut kepentingan antara hak dan kewajiban baik karyawan maupun perusahaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.